Hal Penting Yang TIDAK BOLEH Anda Lakukan Saat Traveling

Suatu hari di bandara Soekarno-Hatta Tangerang saat saya check-in di counter khusus GFF Garuda Indonesia, tiba-tiba seorang bapak menghampiri, beliau memperkenalkan diri lalu menunjukan id card bahwa dia adalah ajudan atau protokoler seorang anggota DPR-RI. Ia bermaksud menitipkan sebuah bungkusan yang menurut pengakuannya punya boss dia yang ketinggalan, ia menjelaskan bahwa bungkusan ini isi-nya sebuah sarung dan hendak menitipkan ke bagasi saya karena melihat tujuan perjalanan saya sama dengan keberangkatan sang anggota DPR terhormat. Dengan halus saya menolak, tapi dia kemudian sedikit memaksa, dan sekali lagi secara tegas namun halus saya menolaknya, kemudian orang ini mulai menunjukan arogansinya sebagai seorang ajudan pejabat, saya tidak peduli. Saking kesalnya karena memaksa terus saya meminta bantuan petugas, dengan raut muka kesal orang tersebut ahirnya meninggalkan saya.

Ini bukan kejadian pertama, pernah waktu akan pergi ke Qatar seorang ibu mau menitipkan bagasi karena dia kelebihan bagasi, sampe memelas-melas mau nitip, saya tidak mau dan tidak akan pernah mau. Urusan seperti ini musti super tega, demi keselamatan dan keamanan diri.

Kalau dalam perjalanan, apalagi naik pesawat dan keluar negeri, waspadai hal seperti ini, bukan soal tega atau tidak tega, bukan pula soal tolong menolong, atau kepercayaan, tapi ini urusan serius. Kalau ternyata yang dititipkan ke bagasi anda itu berisi barang terlarang atau bahkan narkoba, anda tidak akan bisa mengelak lagi, bagasi tersebut jelas atas nama Anda…

Jadi kalau traveling urusan yang satu ini Anda harus benar-benar tega!

Saya pernah menonton sebuah kisah nyata, dua orang suami istri yang sudah tua, liburan keluar negeri, saat pulang di bandara mereka didekati seorang wanita yang menitipkan dus berisi sepatu, yang katanya untuk anak-anak mereka yang tidak sempat terbawa oleh suaminya. Karena ingin bantu kedua suami istri itu bersedia dan dus tersebut dimasukan kedalam luggage mereka lalu dimasukkan ke bagasi. Perempuan tersebut sempat memperlihatkan isi dus, dan betul sepasang sepatu wanita.

Saat menunggu boarding, tiba-tiba mereka dihampiri 2 orang petugas bandara dan dibawa keruang pemeriksaan, rupanya saat luggage mereka akan masuk pesawat tercium sesuatu oleh anjing pelacak. Jelas kedua suami istri tersebut kebingungan, waktu luggage mereka di bongkar, ternyata dalam sepatu titipan wanita tadi (solnya) terdapat narkoba. Si istri langsung histeris, suaminya ditahan dan mereka berdua tidak punya siapa-siapa di negara tersebut.

Suaminya kemudian masuk penjara, tidak bisa mengelak karena bagasi itu jelas atas nama dia. Jadi, ingatlah, apapun kondisinya jangan pernah mau terima titipan orang lain…

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.