Berdamailah Dengan Kelemahanmu

Sekarang Jamannya Skill Bukan Ijazah

Hidup di zaman sekarang itu tidak butuh lagi ijazah, karena setiap potensi yang ada pada diri anda bisa diberdayakan untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya dan lingkungan sekitar. Sekarang yang ditanya itu kamu bisa apa, bukan kamu sekolah dimana.

Walaupun demikian, sekolah itu tetap perlu untuk bangun relasi, jaringan dan belajar ber-sosialisasi, yang akan bermanfaat kedepannya. Karena skill individu bila dipadukan dengan networking yang baik hasilnya akan dahsyat.

Model-model pendidikan yang menyeragamkan kemampuan seseorang sudah bukan saatnya lagi, jadi yang merasa tidak mampu di matematika jangan maksain buat pinter matematika. Cukup mahir tambah, kurang, bagi, sudah cukup buat ngitung omset untung atau rugi. Pada dasarnya, tidak ada manusia yang bodoh, semua orang punya potensi yang berbeda-beda, sayangnya, banyak orang yang memaksakan kehendak kepada anak-anaknya agar “pinter” dalam arti nilai matematika, fisika bagus.

Itu sebabnya saya rela anak pertama saya melepas gelar sarjana-nya untuk pindah sekolah bikin kue dan saya juga tidak keberatan anak saya yang kedua tidak akan nerusin ke perguruan tinggi karena dia lebih memilih sekolah mode atau masak.

Berdamailah dengan kelemahanmu, tunjukkan taring mu. Tidak perlu repot-repot memperbaiki kelemahan agar diri kita seperti orang lain, sementara Anda lupa dengan potensi yang ada pada diri anda. Sudahlah, terima saja diri kita apa adanya, lalu pertajam terus potensi yang anda miliki, tutup kelemahan anda oleh orang lain.

Kalau anda tidak tahu apa potensi yang anda miliki, hampir bisa dipastikan anda tidak pernah bersyukur dengan apa yang anda miliki.

Kalau anakmu senang musik, carikan guru musik yang terbaik, kalau anakmu senang masak, carikan guru masak yang terbaik, kalau anakmu senang matematika carikan universitas/perguruan tinggi yang terbaik. Sebetulnya hidup itu simpel kan, kita aja yang sering bikin hidup kita jadi rumit.

Sekarang ini era nya “indie”, setiap orang bisa mandiri, menjual potensi yang ada tanpa harus bergantung pada arus kapitalis yang ada. Bisa bikin lagu/musik nggak perlu lagi tergantung sama label besar, bisa nyetir nggak perlu ngelamar jadi supir taxi, bisa nulis buku nggak perlu ngemis ke penerbit untuk diterbitkan. Semua individu bisa menjual potensi yg ada pada dirinya. Punya tampang pas-pasan aja bisa jual di fiverr buat bikin cemburu pacar orang hahahaha… Sampe segitunya….

Jadi, mulailah gali potensi yang ada pada diri masing-masing, cari “passion”nya. Sudah bukan saatnya lagi ingin menjadi seperti orang lain, jadilah seperti diri sendiri….

Pikirkan!

Pekerjaan apa, yg kalau anda diminta untuk melakukannya, maka anda akan lakukan itu dengan sangat sempurna walaupun anda tidak dibayar satu rupiah pun. Nah itulah passion, paling enak itu melakukan hobby tapi dibayar….

6 thoughts on “Sekarang Jamannya Skill Bukan Ijazah

Leave a Reply