Nonton Langsung Chelsea di Stamford Bridge

Suhu udara di London dinginnya mencapai 8 derajat celcius disertai angin yang berhembus kencang tidak menyurutkan semangat saya untuk berangkat menuju Stamford Bridge, stadion kebanggaan Chelsea FC. Ya! hari ini 15-Maret-2015 adalah tanggal yang sangat bersejarah bagi saya, untuk pertama kalinya dalam seumur hidup, bisa nonton salah satu pertandingan Liga Inggris antara kesebelasan favorit saya Chelsea vs Southampton FC langsung di Stamford Bridge. Bayangkan mbok, nonton langsung Chelsea di Stamford Bridge!!

Baca juga: Jalan-Jalan Ke Stamford Bridge London Markas Chelsea FC

Bagi orang asing seperti saya, mendapatkan tiket pertandingan sepakbola Liga Inggris khususnya Chelsea bukan perkara mudah, apalagi kedatangan saya ke London bukan khusus untuk nonton bola, jadi tidak direncanakan sebelumnya, saya baru merencanakan nonton bola setelah acara meet-up di London selesai dan masih ada sisa waktu sebelum balik ke Indonesia. Tiket pertandingan Liga Inggris untuk kesebelasan-kesebelasan papan atas seperti Chelsea biasanya sudah sold out dari awal musim kompetisi, memang panitia menyediakan loket tiket saat akan pertandingan, tapi ternyata 4 hari sebelum pertandingan sudah habis juga! Kalaupun masih ada, itupun pasti posisi tempat duduknya sudah di atas alias jauh.

Ahirnya, saya beli lewat “calo online”, istilah kerennya Marketplace. Dapet euy! Yang posisi cukup strategis pula! Didepan dan tribun utama. Cuma harganya cuy, mahal buanget! Inilah tiket nonton bola termahal yang pernah saya beli, £267 atau hampir Rp 5jt! Anjriiit, padahal harga aslinya cuma £57, nggak sampai satu juta rupiah. Tapi, demi bisa nonton langsung aksi para pemain Chelsea saya ambil tiket itu, belum tentu di masa yang akan datang bisa dapat kesempatan lagi seperti ini…

Tiket pertandingan Liga Inggris untuk kesebelasan-kesebelasan papan atas seperti Chelsea biasanya sudah sold out dari awal musim kompetisi

Saya sempat deg-deg-an soal tiket ini, gimana nggak tegang, tiket sudah dibeli dan dibayar 3 hari sebelum, tapi sampai satu hari menjelang pertandingan belum diantar juga. Wah, kena di kadalin nih gue…. Tapi eh ternyata tiket dikirimnya hari H jam 10:00 pagi ke Hotel. Alhamdulillah, ahirnya bisa nonton Chelsea di Stamford Bridge!

Nonton Langsung Chelsea di Stamford Bridge

Dari hotel, saya langsung bergegas menuju Fulham Broadway tempat dimana stadion Stamford Bridge berada, cukup jauh dari hotel tempat saya menginap, tapi di London nggak perlu manggil Gojek, pake Tube (MRT nya kota London) aja lebih praktis dan cepat, nggak kena macet. Sepanjang perjalanan, disetiap perhentian banyak orang naik menggunakan atribut Chelsea, makin dekat makin banyak, buset dah, buaaanyak banget, sampai berdesak-desakan di MRT, kaya jam pulang kantoran. Setelah sampai di Fulham Broadway, jalanan menuju stadion ditutup untuk kendaraan dan dipenuhi supporter yang berjalan kaki hendak pergi menonton. Tidak bisa dipungkiri kalau match day atau hari dimana klub favorit bermain, merupakan hari yang ditunggu-tunggu oleh para supporter. Disepanjang perjalanan mereka bernyanyi dan meneriakkan yel-yel untuk mendukung kesebelasan kesayangannya, meriah sekali tapi tertib. Polisi berkuda berjaga-jaga di sepanjang jalan. Kalau urusan sepak bola, orang Inggris emang paling gila, tidak heran kalau sampai ada yang bilang, agamanya orang Inggris itu sepakbola.

Suasana Di Dalam Stamford Bridge

Merinding saya saat memasuki stadion, begitu riuh suasananya. Gokil abis dah…. Saya nggak bisa cerita panjang, lihat saja videonya di atas. Yang jelas, stadion-stadion besar di Inggris seperti Stamford Bridge, semua tempat duduknya memiliki nomor, jadi anda tidak perlu takut rebutan kursi. Dan ingat, kalau lihat ada kursi kosong, jangan coba-coba anda duduki karena pengen posisi yang lebih baik, anda bisa di marahi petugas. Nonton bola di Inggris kayak nonton orkestra, tertib, berdiri saja nggak boleh, langsung ditegur petugas keamanan yang berdiri tegak menghadap ke arah kita. Emang sih kalau lihat di tiket ada tulisannya “STANDING IS NOT ALLOWED”, pokoknya beda bangetlah sama nonton bola di tanah air.

Nonton Langsung Chelsea di Stamford Bridge

Saya sempet bandel (maklum orang indo hehehehe), geser ke tengah berharap ada kursi kosong dan mendapat view yang lebih baik, eh… ketahuan juga, langsung dimarahin dan disuruh balik, padahal lagi asik-asiknya nge-rekam. Kepo deh….!

Saat yang paling berkesan nonton langsung Chelsea vs Southampton adalah ketika menjelang pertandingan dimulai, seluruh supporter tuan rumah menyanyikan lagu mars Chelsea yang berjudul “Blue is The Colour”, serasa bergetar seluruh stadion, amazing banget pokoknya. Ini yang tidak pernah kita lihat saat menonton pertandingan Liga Inggris di televisi (soalnya jatah iklan sponsor tayang hahahaha).

Hal menarik lainnya adalah, jarak antara penonton terdepan dengan lapangan dekat sekali, jadi enak banget lihat para pemain bertanding. Mirip nonton sepak bola tarkam deh hahahahahaha

Nonton langsung Chelsea di Stamford Bridge adalah salah satu pengalaman tidak terlupakan dalam hidup saya, dan yang pasti jika ada kesempatan saya kepengen lagi nonton. Atmosfer sepakbola, sportifitas, dan bisnis besar dari awal hingga pertandingan berahir terasa sekali…

Pemain Pulang Sendiri-Sendiri

Usai pertandingan, para pemain dan pelatih tuan rumah ternyata pulang sendiri-sendiri. Tidak menggunakan bis seperti di kita apalagi kendaraan lapis baja hahahahaha…. Mereka pulang menggunakan kendaraan pribadi masing-masing, ada yang di antar istri atau pacarnya, bahkan nyetir sendiri. Saya juga baru tahu ketika jalan kaki pulang menuju station MRT, banyak orang mengerubuti beberapa mobil pribadi atau pada foto-foto dengan mobil tersebut saat lampu merah, setelah saya dekati ternyata itu mobil-mobil para pemain Chelsea yang baru saja selesai bertanding.

Nonton Langsung Chelsea di Stamford Bridge

Sekali lagi, nonton langsung Chelsea merupakan pengalaman yang luar biasa dan tak terlupakan, merasakan aura pertandingan Liga Inggris, liga sepakbola profesional terbesar dan tertua di dunia secara langsung di tempatnya. Memang kejadian ini sudah cukup lama dan baru saya tulis sekarang (2 tahun kemudian), karena memang baru saat ini saya punya media untuk berbagi semua pengalaman dan cerita selama mengunjungi berbagai tempat di seluruh dunia.

Lihat video ini dan rasakan sensasi berada langsung nonton di Stamford Bridge:

One thought on “Nonton Langsung Chelsea di Stamford Bridge

Leave a Reply