New Zealand: Berpetualang Menggunakan Campervan Dari Utara Ke Selatan (1)

Sudah lama ingin berlibur ke New Zealand dan merasakan berpetualang menggunakan Campervan, namun kesempatan itu baru datang ahir tahun 2017. Begitu anak-anak saya beritahu rencana ini, mereka semua tak bisa menahan rasa gembiranya, bahkan si bungsu langsung mencari berbagai referensi di internet. Saya sendiri tidak menyangka antusias mereka seperti itu, memang ini liburan yang berbeda, seperti sebuah petualangan, menyusuri pulau New Zealand dari Utara hingga ke Selatan menggunakan Campervan tanpa menginap di hotel. Sungguh sebuah pengalaman baru yang menantang untuk dicoba, dan banyak orang bilang, belum menjadi traveler sejati kalau belum merasakan petualangan ini.

Ini jenis Cruise 4, Campervan Yg Kami Pergunakan Saat Berpetualang di New Zealand

Campervan atau orang amerika bila RV (Recreational Vehicle) atau juga Motorhome, adalah kendaraan khusus yang dirancang untuk menikmati perjalanan panjang di alam bebas. Fasilitas yang ada di Campervan bisa sangat lengkap layaknya sebuah rumah, ada tempat tidur, dapur, kulkas, kamar mandi/toilet, televisi, dsb. Jadi kita tidak perlu lagi untuk menginap di hotel, cukup dalam Campervan. Kapasitas sebuah Campervan mulai dari untuk 2 orang sampai dengan 7 orang. Mungkin anda akan berfikir jika sebuah kendaraan dibuat seperti rumah maka segalanya serba sempit dan tidak nyaman, sayapun sempat berfikir seperti itu, tapi begitu pertama kali masuk, wow! Di dalam Campervan kita bisa berdiri tegak, tempat tidurpun besar dan nyaman, hanya kamar mandi yg agak sempit, tapi wajarlah.

Musim di New Zealand Berbanding Terbalik Dengan Di Eropa, Jadi Jangan Sampai Salah Kostum

Kami memutuskan untuk melakukan perjalan pada musim panas, yakni Desember 2017 – Januari 2018, seperti diketahui musim di New Zealand berbanding terbalik dengan di Eropa. Kalau di Eropa musim dingin maka di New Zealand musim panas, demikian sebaliknya, jadi buat yang mau traveling kesana jangan sampai salah kostum. Mengapa di pilih musim panas? Walaupun musim panas, beberapa tempat di New Zealand suhu masih bisa berkisar di bawah 12-13 derajat, belum angin nya yang cukup menusuk, bisa kebayang kalau musim dingin kayak apa, saya khawatir karena cuaca jadi tidak bisa menikmati alam bebas dengan sepuas-puasnya. Yang kedua, saat musim panas matahari terbenam mulai pukul 22-23 malam, jadi siang hari lebih panjang, harapan saya bisa lebih puas menikmati keindahan alam New Zealand yang terkenal indahnya dan ternyata ini benar.

Memesan Campervan

Jangan berharap anda bisa “go show” untuk memesan Campervan, apalagi saat musim liburan seperti bulan Desember. Anda harus memesannya terlebih dahulu jauh-jauh hari, ada banyak penyedia sewa kendaraan berjenis Campervan di New Zealand, diantaranya adalah: Britz, Jucy, Maui, Wilderness, Apollo, dan sebagainya.

Saya cukup kaget ketika akan order Campervan untuk ahir Desember 2017 s/d Januari 2018 hampir semua penyedia sewa Campervan menyatakan Fully Booked, damn!! Padahal saya order 2 bulan sebelum keberangkatan, Britz, Jucy, Maui, Apollo, semua full untuk yang kapasitas 5 orang (kami sekeluarga berlima), yang sisa hanya Wilderness itupun hanya tinggal 1-2 kendaraan lagi, dan jatuhnya cukup mahal, minimal pemesanan untuk 2 minggu perjalanan, tidak bisa hanya seminggu (dan ternyata 2 minggu itu kurang lama hehehehe). Ahirnya karena sudah kebelet pengen, saya booking di Wilderness, saya lihat layanan di Wilderness cukup profesional dibanding yang lain, campervan nya juga terlihat lebih wah.

Ternyata memesan campervan disaat peak session cukup sulit dan mahal jika tidak jauh hari, November s/d Januari adalah saat peak session di New Zealand, banyak orang liburan ke New Zealand dan campervan adalah salah satu pilihan utama para traveler disana.

Jika rencana perjalanan anda di saat peak seasson seperti bulan Nov-Des, sebaiknya booking campervan jauh hari, minimal 3 bulan sebelumnya

Berikut in hal-hal yang harus anda perhatikan saat melakukan pemesanan campervan secara online di internet:

  • Memesan Campervan tidak perlu pihak ketiga atau travel agent, anda bisa langsung memesannya secara online lewat situs resmi penyedia sewa campervan seperti yang telah saya sebutkan di atas.
  • Pilihlah asuransi yang paling lengkap, kita tidak pernah tahu resiko apa yang akan kita hadapi diperjalanan. Lebih baik kita hilang USD 100-200 untuk asuransi, daripada kita menanggung resiko saat perjalanan, biaya perbaikan kendaraan di New Zealand cukup tinggi.
  • Biasanya Campervan belum di lengkapi GPS, kita harus add-on lagi jika ingin menggunakan GPS. Saran saya ambil Add-on GPS, jangan mengandalkan Google Map yang ada pada HP anda, kenapa? Ada beberapa tempat/daerah di NZ yang Blank Spot alias tidak ada sinyal HP apalagi internet, kalau tidak ada GPS di kendaraan, kita bakalan “ngatog” (kalau kata orang sunda) alias tersesat. Kemudian, GPS yang add-on di kendaraan sudah merupakan peta lengkap New Zealand, lengkap dengan rambu-rambu lalu lintas termasuk batas kecepatan dan camera pengawas batas kecepatan. GPS akan memberikan kita peringatan saat akan melewati daerah yang ada kamera pengawas-nya atau kendaraan kita melewati batas kecepatan yang di izin kan. Seorang teman tiba2 mendapat email dari tempat persewaan campervan berupa tagihan pelanggaran batas kecepatan. Nggak sedikit lho, NZD 400 hahaha sekitar 4 jutaan rupiah. Email tersebut disertai foto dan video saat dia melanggar batas kecepatan dari kepolisian NZ, padahal cuma kelebihan 20-30 km/jam.
  • Pilih juga tambahan peralatan barbeque termasuk kursi dan meja lipat, karena itu ternyata sangat bermanfaat di perjalanan.
  • Buatlah SIM International, nggak susah koq bikin SIM International, cuma 15 menit tanpa test apa-apa. Tapi buatnya harus di Makorlantas Polri yang ada di Jakarta. Googling aja, banyak info mengenai ini. SIM kita memang berlaku secara international, tapi kalau di NZ harus di terjemahkan lagi lewat penterjermah yang ditunjuk, itu biayanya bisa NZD 60, jadi mendingan bikin SIM International aja di Jakarta, biayanya nggak sampai 300 ribu koq.

Booking Campervan di Wilderness boleh bayar dulu 20%, sisanya nanti saat 2 minggu sebelum keberangkatan harus sudah lunas.

Persiapan Menjelang Keberangkatan

Siapkan rencana perjalanan Anda, tidak perlu terlalu detil karena dengan menggunakan Campervan anda bebas untuk explore berbagai tempat. New Zealand sendiri terbagi menjadi 2 pulau besar Utara dan Selatan, oleh karena nya tidak disarankan anda melakukan traveling Utara – Selatan kurang dari 2 minggu, nggak cukup mbok! Kalau kurang dari 2 minggu, lebih baik fokus di satu pulau saja, Utara atau Selatan. Jika perjalanan 2 minggu, sangat disarankan juga untuk lebih lama di Selatan daripada Utara, karena di Selatan jauh lebih indah dan eksotis.

Sebulan sebelum keberangkatan anak2 sibuk menentukan rencana destinasi…

Berikut ini beberapa tips untuk persiapan saat akan berpetualang menggunakan Campervan dari Utara ke Selatan di New Zealand:

  • Pelajari dan dapatkan informasi seluas-luasnya mengenai berbagai tempat-tempat yang ingin anda kunjungi, pengalaman saya, tidak perlu terlalu detil, karena ternyata semua bisa berubah saat di perjalanan nanti.
  • Pilihlah pakaian dan perlengkapan yang praktis, traveling di New Zealand berbeda dengan ke Eropa. Overcoat dan sepatu bot tidak disarankan, jacket yang cukup hangat yang bisa menahan terpaan angin dan sepatu kets jauh lebih enak dan nyaman. Di New Zealand aktivitas kita lebih ke outdoor seperti: tracking, kayak, berenang di danau/laut, dsb.
  • Jangan bawa Lunggage/Koper besar yang terbuat dari bahan Hard Case, bawalah Lunggage yang dari bahan Soft Case seperti merk Rip Curl, kenapa? Karena ruang bagasi di Campervan itu tidak besar, jadi Lunggage yang bisa dilipat saat kosong atau yang kecil lebih baik. Koper besar dari bahan keras akan sangat merepotkan, percayalah…
  • Download Aplikasi yang berkaitan dengan perjalan menggunakan Campervan seperti Campable app dan Wilderness App
  • Jika anda hendak membawa drone, perhatikan aturan menggunakan drone di New Zealand, anda juga bisa lihat tulisan saya tentang ini: Membawa Drone Saat Traveling dan Tips Saat Di Bandara

Bersambung…

One thought on “New Zealand: Berpetualang Menggunakan Campervan Dari Utara Ke Selatan (1)

Leave a Reply