Jalan-Jalan Ke Stamford Bridge London Markas Chelsea FC

Mengunjungi stadion dimana team kesayangan kita berada adalah impian setiap penggemar sepakbola, demikian pula dengan saya. Sebagain fans berat Chelsea FC dan punya kesempatan pergi ke kota London, tidak lengkap rasanya perjalanan ini kalau tidak mampir berkunjung ke Stamford Bridge, stadion kebanggaan sekaligus markas besar kesebelasan Chelsea FC. Dalam beberapa kali kunjungan ke London, saya pasti menyempatkan diri untuk datang ke tempat ini, bukan apa-apa, jujur saja merchandise-nya keren-keren. Berikut ini sedikit berbagi cerita saat berkunjung ke stadion Stamford Bridge yang terletak di daerah Fulham sebelah barat London.

Akses menuju ke Stamford Bridge sangatlah mudah, paling praktis menggunakan Tube (kereta bawah tanah atau MRT-nya London), ambil jalur Tube Distric Line yang berwarna hijau dengan tujuan ahir ke Wimbledon atau Edgware Road (tergantung dari posisi anda ada dimana) dan berhenti di Fulham Broadway Underground Station. Station ini nyambung sama Mall Fulham Broadway, jadi begitu keluar anda nongol di dalam Mall.

Menuju Stamford Bridge – Gunakan jalur Distric Line yang berwarna hijau dengan tujuan ahir Wimbledon atau Edgware Road, dan berhenti di Fulham Broadway

Keluar dari Mall anda bertemu Fulham Road lalu belok ke kiri, cukup jalan kaki saja, karena letak stadion Stamford Bridge paling hanya sekitar 200 meter dari mall tersebut. Terahir saya kesini adalah bulan Juni 2017, banyak spanduk dipasang untuk menyambut Chelsea sebagai juara Liga Inggris 2016/17.

Sampai di gerbang utama komplek stadion Stamford Bridge, anda akan disambut ucapan selamat datang dan berjejer foto-foto di dinding yang bagus untuk dijadikan background foto khususnya bagi anda yang senang ber-selfie ria. Anda bisa berkeliling stadion, menikmati kemegahannya, tapi tidak bisa masuk kecuali ikut Stadium Tours.

Terus terang, kalau saya bandingkan dengan stadion lain yang pernah saya kunjungi seperti: Real Madrid, AC Milan, MU, City atau Emirates Stadium Arsenal, stadion Stamford Bridge milik Chelsea FC adalah yang paling kecil, kemegahaannya dari luar kurang terasa dibandingkan yang lain, luasnyapun juga begitu. Mungkin itu sebabnya Chelsea FC berencana untuk pindah home-based sementara ke Stadion Wimbeldon, sementara Stamford Bridge akan direnovasi total (ini menurut berita lho!).

Stamford Bridge – Stadium & Museum Tours

Kalau ingin puas lihat-lihat Stamford Bridge lebih dekat lagi, anda harus ikut Stadium & Museum Tours yang diselenggarakan setiap hari (kecuali sedang/akan ada pertandingan atau event penting). Tour dibuka mulai jam 10:00 pagi sampai jam 17:00 sore, tiketnya memang bisa dibeli langsung di tempat, tapi ada baiknya jika anda ingin ikut tour sebelum menuju ke sini pastikan dulu keberadaan Tour di website resmi Chelsea FC di http://www.chelseafc.com.

Waktu paling pas buat ikut tour menurut saya adalah siang hari antara pukul 12:00 sampai 15:00.

Jika anda mengikuti Tour, setelah mendapatkan badge, sambil menunggu giliran tour, anda akan diberi kesempatan untuk melihat-lihat Museum Chelsea FC. Di tempat ini anda akan diperlihatkan semua hal tentang Chelsea FC, mulai dari sejarah berdirinya sampai dengan peristiwa-peristiwa terkini yang terjadi. Rangkaian perjalanan dan benda-benda yang bersejarah bagi Chelsea FC disusun sedemikian rupa sehingga jadi sangat menarik untuk dinikmati.

Seorang Tour Guide akan menuntun anda ke semua sudut stadion Stamford Bridge yang menjadi home-based dari Chelsea FC. Mulai dari lapangan hijau (anda bahkan diberi kesempatan untuk merasakan duduk di tempat para pemain cadangan dan manager team saat pertandingan), ruang ganti pemain, ruang briefing pemain sebelum bertanding, ruang mandi dan pijat setelah bertanding, ruang konferensi pers, dsb. Yang paling menarik bagi saya adalah, saat keluar menuju lapangan dari ruang ganti melalui lorong yang biasa digunakan pemain, diwaktu yang bersamaan diputar audio gemuruh penonton seolah-olah dalam suasana pertandingan. Kita jadi merasakan aura dan ketegangan saat pemain akan bertanding, luar biasa….!!

Saat ikut Stamford Bridge Stadium Tours tahun Desember 2015, kebetulan sedang musim dingin, tapi dasar emang negara canggih (musim dingin matahari terbit jam 10 pagi terbenam pukul 15 sore, itupun kalau nongol) pemeliharaan lapangan khususnya rumput tetap dilakukan dengan menggunakan peralatan khusus. Rumput disinari dengan lampu khusus yang menghasilkan ultra violet (kali! sok tahu gw hahahahaha).

Chelsea FC Megastore

Stamford Bridge #19.jpg

Seperti yang saya sebut di awal, komplek stadion Stamford Bridge milik Chealsea FC ini memang tidak sebesar dan semegah Manchester United atau Arsenal, tapi kalau bicara barang merchandise, Chelsea Megastore is the best! Disain-disain nya menurut saya lebih bervariasi dan keren-keren. Sebagai contoh, MU Megastore memang lebih besar dan luas, tapi lebih dari setengah ruangannya hanya berisi jersey saja, mungkin para penggemar MU itu yang di kejar cuma jersey pemain ya, memang menurut sumber yang dipercaya, jersey MU itu paling laku sedunia.

Nah, kalau di Chelsea Megastore justru yang lebih banyak dan bagus itu non-jersey nya kayak t-shirt, hodie, jacket dsb, keren-keren modelnya. Kalau saya pribadi dateng ketempat ginian males beli jersey, karena tiruannya bejibum di pasaran, kagak aneh, saya lebih suka beli jacket, hoddie, atau lainnya. Tapi kalau itu selera sih, tapi beneran, seumur mengunjungi banyak stadion besar, saya nggak pernah beli jersey hahahaha….

Saya tahu, buat para penggemar berat Chelsea FC di Indonesia, datang langsung ke Stamford Bridge adalah sebuah impian dan cita-cita. Mudah-mudahan tulisan singkat ini bisa memberikan motivasi dan informasi yang bermanfaat, saya berharap anda juga bisa mengalaminya, bahkan lebih jauh lagi bisa nonton langsung pertandingannya (baca juga: Nonton Langsung Chelsea FC di Stamford Bridge). Amiiin….

Nonton Chelsea Cover

2 thoughts on “Jalan-Jalan Ke Stamford Bridge London Markas Chelsea FC

    1. Kalau lagi beruntung tiket pesawat bisa 9jt pp, kalau sy punya 25-35jt berani sih berangkat, di luar tiket nonton ya…

Leave a Reply