Alhamdulillah saya tidak pernah mau pusing dan ribet soal sekolah anak. Karena dah cocok sama satu sekolah swasta di Bandung, ya sudah semua anak masuk ke sekolah itu saja. Jadi, ujian nasional aja masih lama, tapi pendaftaran dan ujian masuk SMA di sekolah tersebut sudah dibuka dan saya langsung daftarin. Biasanya nanti orang-orang pada sibuk nyari sekolah, saya sudah tenang, karena anak sudah keterima. Kita sibuknya malah ngurus liburan, pokoknya liburan tidak boleh terganggu sama pendaftaran sekolah anak….

Namun bukan itu yang akan saya share. Pertama kali saya masukin anak ke sekolah ini tahun 2007, saat itu biayanya total kurang lebih sekitar 10jt rupiah dan kalau dikonversi ke harga EMAS saat itu sekitar 50 gram (50gram saat itu sekitar 11-12jt). Ini saya sudah yang ke empat kalinya masukin anak ke sekolah ini (SMP & SMA). Ajaib nya, kalau di ukur sama EMAS itu masih setara dengan 50 gram sampai sekarang. Padahal kalau dengan rupiah, coba perhatikan biaya untuk tahun ini + sumbangan ya sekitar 22-23 juta-an. Sementara harga EMAS 50gram sekarang itu sekitar 25-26jt, masih cukup mbok!!

Emas dan Biaya Sekolah Anak

Dan lebih ajaib lagi, EMAS yang akan saya pakai bayar sekolah anak saya tahun ini adalah emas 50 gram yang saya beli tahun 2007. Dimana saat itu, saya memang tidak jual emasnya tapi saya gadai, terus pinjamannya saya pakai buat bayar sekolah dan saya cicil sampai emas-nya lunas dan balik lagi.

Tahun 2016 kemarin saya baru masukin anak saya paling kecil ke SMP di sekolah yg sama, pakai emas 50 gram tersebut dan saya gadai, tapi saya sudah hitung dan cicil, dimana maksimum bulan Maret 2017 itu EMAS harus lunas, karena bulan-bulan tersebut saya harus bayar buat kakak-nya masuk SMA. Dan ternyata bener, baru kemarin saya gadai lagi, buat bayar sekolah ke SMA.

Kenapa EMAS nya di gadai bukan di jual? Itu sih pilihan pribadi, nggak perlu digugat. Mau dijual saja juga tidak apa-apa, sekali lagi itu pilihan. Tapi kalau ditanya apa pertimbangan saya memilih gadai? Jawabannya simpel, makin ke sini saya makin sayang buat jual itu EMAS, kenapa ? Karena saat ini tidak mungkin lagi saya beli Emas 50 gram dengan uang 10jt….

Kesimpulannya, EMAS bisa dipakai untuk mengukur biaya di masa yang akan datang. Emas adalah alat ukur biaya 3-5 tahun ke atas dan Emas paling pas dipakai buat menabung biaya sekolah anak.

Written by The Legend

Tukang jalan-jalan, sudah keliling lebih dari 40 negara dan 170 kota di Indonesia. Kantornya di mana saja (paling sering di Louge Bandara), yang penting ada Internet, ATM dan Kartu Kredit. Nggak hobi nulis tapi terpaksa nulis, biar lebih banyak orang terinspirasi. Affiliate Marketing jadi darah dan kehidupan saya. Live, Travel, Adventure, Bless and Don't be Sorry...

9 comments

  1. duit yang saya kumpulin dari ngalong tiap malam saya tabung buat beli emas. karena saya masih belom ke pikiran mau di apain tuh duit dari pada kebuang percuma buat hal yang tidak jelas mending saya beliin emas.
    btw terima kasih atas artikelnya pak rully ini bisa jadi rujukan saya kalo punya anak nanti mau sekolah.

  2. Berarti emas cocoknya investasi jangka panjang ya pak.
    Kmrin beli emas harga Beliny mahal tapi harga jualnya rendah sekali.
    Tapi baca tulisan ini jadi ngerti kalau investasi emas itu investasi jangka panjang..

Leave a Reply