Emas Alat Ukur Biaya

EMAS Alat Ukur Biaya Di Masa Yang Akan Datang

Mumpung lagi musim masukin anak sekolah. Kalau Anda percaya bahwa satu koin dinar Emas di zaman Islam mulai berkembang dulu bisa membeli satu ekor kambing dan saat ini, tahun 2017 atau 1400 tahun hijriah lebih lamanya, satu koin Dinar Emas ternyata masih bisa untuk membeli satu ekor kambing yang layak (lihat tabel harga dinar dan kambing 2017 yang saya ambil dari internet).

Itu sebabnya banyak orang mengatakan Emas itu Zero Inflasi, atau inflasinya NOL. Kalau harga Emas naik, sebetulnya bukan Emas yang harganya naik, tapi nilai uang nya yang turun. Jadi, Emas paling pas kalau dijadikan sebagai alat ukur biaya di masa yang akan datang.

 

Emas Alat Ukur Biaya
Harga Dinar dan Harga Kambing Tahun 2017

Kalau ribuan tahun yang lalu satu koin Dinar Emas bisa untuk membeli se-ekor kambing dan ternyata hari ini masih tetap sama, berarti 5 tahun, 10 tahun atau 100 tahun yang akan datang satu koin Dinar Emas akan tetap bisa membeli se-ekor kambing yang layak. Artinya, Emas bisa dijadikan alat ukur biaya.

Jika Anda ingin tahu berapa biaya masuk sebuah sekolah, katakanlah SMA X, 5 tahun yang akan datang, caranya gampang. Anda tidak butuh alat hitung canggih atau pengetahuan yang ribet, cukup dengan Emas. Cari tahu biayanya sekarang berapa, konversikan ke harga Emas saat ini. Nah, sejumlah Emas itulah yang akan anda butuhkan untuk masukin anak ke SMA X 5 tahun yang akan datang.

Catatan: Yang dibicarakan pada tulisan ini adalah Emas Batangan 24 Karat, bukan perhiasan.

Misalnya, biaya masuk SMA X saat ini Rp 20jt, sedangkan harga Emas rata-rata hari ini anggap saja Rp 500rb per gram. Berarti, biaya masuk SMA X itu sekitar Rp 20jt : 500rb = 40 gram Emas. Nah, jangan nabung uang, karena kalau nabung uang 5 tahun yang akan datang biaya masuk SMA X tersebut tidak akan Rp 20jt, pasti lebih. Nabung Emas sedikit-sedikit, kumpulkan sampai 40 gram, Insya Alloh 5 tahun yang akan datang 40 gram itu masih cukup (dengan catatan sekolah tersebut tidak naik kelas, contoh, dulu BINUS itu Akademi, sekarang jadi Universitas).

Contoh nyata adalah yang saya alami, biaya masuk SMA Tarbak di Bandung dari tahun 2010 (anak pertama) sampai sekarang 2017 ini (kebetulan saya masukin anak ke dua ke SMA Tarbak tahun ini), masih tetap 50 gram Emas. Bedanya 50 gram Emas 2010 itu Rp 11-12 juta, sekarang 2017 Rp 24-26 juta.

Baca juga: EMAS Paling Pas Buat Tabungan Biaya Sekolah Anak

Mudah-mudahan tulisan ini sedikit membantu para orang tua dalam mempersiapkan biaya pendidikan bagi anak-anaknya kelak. Emas itu mudah dan simpel…

3 thoughts on “EMAS Alat Ukur Biaya Di Masa Yang Akan Datang

  1. Bermanfaat sekali artikelnya pak… terus bagaimana cara investasi emas yang baik pak untuk zaman sekarang ini? semoga artikel tentang emas bisa diperbanyak,,

Leave a Reply