Taman Kota di Berlin

Berlin – Kota Seribu Taman dan Hutan Kota

Begitu mendengar kata Berlin, hal pertama yang ada di kepala saya adalah band legendaris Pink Floyd dengan lagunya Another Brick In The Wall. Bicara kota ini, memang tidak akan bisa terlepas dari Tembok Berlin, yang merupakan salah satu sejarah penting peradaban manusia moderen, penuh darah, tangis dan luka yang menyayat pedih. Runtuhnya Tembok Berlin tahun 1989 menjadi tonggak sejarah penting sebagai awal reformasi dunia.

Namun kali ini saya tidak akan bahas Tembok Berlin, saya malah akan bahas kota Berlin yang memiliki banyak taman dan hutan kota. Dari sekian banyak kota yang pernah saya kunjungi, menurut saya, kota ini salah satu yang sangat berhasil dalam membangun taman-taman dan hutan kota. Hampir disetiap sudut kota anda akan disuguhkan dengan hamparan rumput hijau, bunga warna-warni dan pohon-pohon tumbuh subur di mana-mana, tidak heran dijuluki Green City.

Sisa Reruntuhan Tembok Berlin
Sisa Reruntuhan Tembok Berlin

Jika anda hobi jogging atau jalan-jalan, kota ini surganya. Summer atau musim panas adalah waktu yang paling pas untuk datang ke kota ini. Saat pertama datang ke Berlin, hotel JW Marriot tempat saya menginap terletak tidak jauh dari salah satu Landmark kota yang sangat terkenal yakni Brandenburg Gate lambang penyatuan Barat dan Timur, tepat di depannya terdapat Tiergarten, taman dan hutan kota terbesar di Berlin. Sambil jogging saya memasuki taman ini, luar biasa indah, saking besar dan rimbunnya pepohonan di tempat ini, saya tidak merasa sedang berada di sebuah kota besar dan sibuk, benar-benar seperti berada di hutan alam bebas. Kota yang segitu ramenya langsung lep hilang…

Berjalan kaki, menyusuri taman kota, adalah hal paling dirindukan saat berada di kota Berlin

Saya jogging melalui jalur tengah membelah taman, saking besarnya ini taman, saya jogging tanpa henti selama 15 menit nggak sampai ke ujung, setengahnya saja tidak, buset dah gede banget! Dari data yang saya peroleh, luas taman ini sekitar 5.7 km2, atau 500 hektar! Bayangkan, di tengah sebuah kota metropolitan ada taman seluas ini! Dan ini bukan satu-satunya pulak….

Di kesempatan lain, saya jalan-jalan sore, hampir 4 jam saya habiskan untuk menyusuri kota dengan berjalan kaki dari satu taman ke taman lainnya. Walaupun berjalan segitu lama, tidak terasa cape, karena sepanjang jalan disuguhi pemandangan kota yang tidak biasa, Berlin adalah ibukota negara Jerman, tapi tidak seperti sebuah ibukota yang biasanya ramai, sesak, dan berpolusi tinggi, Berlin adalah kota yang hijau dan asri. Di musim panas matahari terbenam pukul 21-22 malam, jadi banyak penduduk kota setelah pulang kerja mereka pergi ke luar untuk beraktivitas di taman, berolahraga, jalan-jalan atau hanya sekedar santai berjemur sambil tiduran di rumput taman. Benar-benar warga kota dimanjakan oleh berbagai fasilitas umum yang luar biasa, sungguh saya berharap bisa datang kembali ke kota ini…

Baca juga: LUSH – Lebih Mirip Toko Kue Daripada Toko Kosmetik

#KapanBandungKayaGini

This slideshow requires JavaScript.

 

Leave a Reply